Monday, June 19, 2023

Miscut asli kah?

Sekitar tahun 2016 saya memborong sejumlah besar uang-uang kuno ex kolektor dari daerah Jakarta Selatan. Banyak diantaranya yang sangat menarik seperti :

Wayang 50, 100 dan 200 Gulden, seri binatang termasuk rusa dan badak issued, NICA set lengkap, NNG 1954 dan sebagainya.




Mari kita pusatkan perhatian kita pada uang 1000 Rupiah Sutomo 1980 yang sepintas tampak seperti salah potong/salah cetak. 


Uang ini masih lengkap dengan sampul plastik dan keterangan harganya. Menurut pemilik dibeli disekitar tahun 1990an dengan harga Rp85.000. Cukup mahal untuk masanya.



Uang bernomor seri UDV262300 ini dianggap sebagai "salah cetak" dengan memiliki extra margin bagian bawah yang lebih lebar, lengkap dengan separasi warnanya. Sepintas nampak sangat menarik. Apalagi di jaman itu belum ada internet/sosmed sehingga sulit untuk mendapatkan pembanding.
Singkat kata si pemilik tertarik dengan barang tersebut yang katanya aneh dan menarik sehingga dibeli dan disimpan selama puluhan tahun. Lengkap dengan plastik pelindung dan labelnya. Sungguh seorang kolektor yang apik.

Waktu saya beli, sayapun tidak curiga dan saya simpan sampai bertahun-tahun lamanya, sampai suatu saat saya merasa ada yang janggal :
1. Mengapa pada uang ini ada bekas seperti sambungan pada extra marginnya dan sambungannya tampak rapuh dan sudah mulai memutus di beberapa bagian.  



2. Mengapa separasi warna yang ada di margin bagian bawah memberikan kesan belepotan, tidak mulus seperti print dari percetakan. 



Bandingkan dengan contoh di bawah :

Separasi warna asli dari percetakan, mulus dan rapi




Makin penasaran, saya periksa lebih lanjut uang ini.
Apakah uangnya asli? Apakah exrtra marginnya juga asli ? 
Mungkin kah sambungan?

1. Pengamatan terhadap watermark  :

Watermark bergambar pahlawan nasional Sultan Hassanudin, menandakan kalau uang ini asli

2 Benang pengaman :

Tampak jelas benang pengaman yang memanjang bahkan sampai ke extra margin di bagian bawah, sehingga lebih menyakinkan kalau uang ini asli dan sangat mungkin extra margin bawah yang belepotan itu juga asli. Apalagi setelah diperbesar dan dengan nyata tampak tulisan "INDONESIA" di benang tersebut


3. Ultra violet


Di bawah lampu ultra violet tampak benang pengaman yang berpendar kebiruan memanjang sampai ke extra margin di bagian bawah. Menambah keyakinan kalau uang ini berikut extra marginnya adalah asli.

4. Lain lain
Di extra margin bagian depan sisi kiri terdapat garis potong yang menambah satu lagi keyakinan kalau extra margin uang ini asli.

 
Sebaliknya di bagian tengah extra margin terdapat pendar yang belepotan, bekas apakah itu? Apakah bekas lem?




Berdasarkan bukti2 di atas maka dapat diambil rangkuman sbb :
Uang nya sendiri adalah asli, sedangkan untuk extra marginnya :
Yang mendukung keaslian :
1. warna, ketebalan kertas sama dengan uangnya
2. benang pengaman asli yang menyambung dengan uang
3. ada garis potong di sisi kiri depan
Yang mendukung palsu/rekayasa
1. separasi warna belepotan
2. ada berkas pendar di bagian tengah yang mungkin merupakan bekas lem
3  uang dengan extra margin tampak tidak menyatu, ada seperti bekas sambungan yang rapuh dan mudah di putus.

Berdasarkan semuanya maka dapat diambil kesimpulan kalau kemungkinan besar extra margin uang ini adalah asli, karena terlalu sulit untuk memalsukannya, harus menggunakan kertas uang asli yang berbenang pengaman yang tidak mungkin bisa didapatkan, belum lagi menyambungnya dengan penuh kehati2an dan presisi yang sangat tinggi. Adapun batas antara uang dengan extra margin yang tampak rapuh tersebut mungkin disebabkan pisau pemotong yang mulai tumpul sehingga margin tidak terpotong dengan sempurna. Demikian juga dengan separasi warna yang belepotan tersebut mungkin memang asli dari percetakan.

Bisakah kesimpulan ini diterima ?
Mohon saran pembaca

Jakarta Juni 2023

















No comments: